Tuesday, October 6, 2009

Pengalaman Menjadi Anggota Koperasi di Lingkungan Rumah


P
engalaman koperasi yang ingin saya ceritakan, saya kutip dari pengalaman orang lain. Orang itu menceritakan pengalamanya kepada saya. Bahwa Koperasi itu memiliki arti sebagai suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang berasas kekeluargaan, bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.
Koperasi yang akan saya ceritakan disini, tentang koperasi simpan pinjam dilingkungan rumah. Pertama untuk menjadi seorang anggota koperasi, anggota memberikan simpanan pokok yang hanya satu kali pembayaran selama ia masih menjadi anggota koperasi, simpanannya sebesar Rp 50.000, lalu simpanan wajib perbulan sebesar Rp 5000, kemudian anggota dapat mengajukan pinjaman awal Rp 100.000, lalu cicilan perbulan yang telah ditetapkan adalah Rp 22.000, maka jangka waktu pembayarannya selama 5 bulan, dan tidak lupa ditambah dengan simpanan wajib Rp 5000, jadi total pembayaran pinjaman dan simpanan wajibnya menjadi Rp 27.000.
Pembayaran dari pinjaman itu tergantung dari kemampuan anggota itu sendiri, misalkan anggota mampu membayar lebih besar dari jumlah cicilan yang telah ditetapkan maka jangka waktu yang diberikan dapat lebih cepat sesuai dengan jumlah pembayarannya. Lamanya ia menjadi sorang anggota koperasi simpan pinjam didaerah rumahnya itu, sudah hampir satu tahun.
Itulah sekilas pengalaman orang menjadi anggota koperasi,

No comments:

Post a Comment

Ayo yang mau berkomentar,, supaya bisa saya perbaiki dan nambah inspirasi.. hhee